Travel Kediri Malang: Panduan Lengkap untuk Liburan Seru

Apakah Anda sedang merencanakan liburan yang seru dan mendebarkan? Jika ya, maka Kediri dan Malang adalah destinasi yang sempurna untuk Anda kunjungi. Terletak di provinsi Jawa Timur, Kediri dan Malang menawarkan pesona alam yang memukau, budaya yang kaya, serta destinasi wisata yang beragam. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang perjalanan dari Kediri ke Malang, serta tempat-tempat menarik yang harus Anda kunjungi di kedua kota ini.

Perjalanan dari Kediri ke Malang: Rute dan Transportasi

Rute perjalanan dari Kediri ke Malang dapat ditempuh melalui jalan darat. Anda dapat menggunakan angkutan umum seperti bus atau shuttle, atau menyewa mobil pribadi. Terdapat beberapa rute yang dapat Anda pilih, tergantung preferensi dan kondisi jalan saat itu. Salah satu rute yang populer adalah melalui jalan Tol Surabaya-Mojokerto-Pandaan-Malang. Rute ini merupakan rute yang cukup lancar dan memiliki pemandangan indah sepanjang perjalanan.

Untuk mencapai Malang dari Kediri, Anda dapat menggunakan angkutan umum seperti bus atau shuttle. Terdapat beberapa perusahaan transportasi yang menyediakan layanan tersebut dengan harga yang terjangkau. Anda juga dapat menyewa mobil pribadi jika lebih nyaman dan fleksibel. Pastikan untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu mengenai rute dan jadwal angkutan umum atau kondisi jalan sebelum berangkat.

Bus dan Shuttle

Ada beberapa perusahaan bus dan shuttle yang melayani rute perjalanan dari Kediri ke Malang. Perusahaan-perusahaan ini biasanya memiliki berbagai pilihan jadwal keberangkatan setiap harinya. Anda dapat memilih bus atau shuttle yang sesuai dengan jadwal dan preferensi Anda. Pastikan untuk memesan tiket terlebih dahulu untuk menghindari kehabisan tempat.

Beberapa perusahaan bus dan shuttle yang populer adalah PO Handoyo, PO Haryanto, dan PO Kramat Djati. Mereka menyediakan bus dan shuttle dengan berbagai fasilitas seperti AC, kursi yang nyaman, dan pemandu wisata yang ramah. Harga tiket biasanya bervariasi tergantung pada kelas dan fasilitas yang Anda pilih.

Sewa Mobil Pribadi

Jika Anda lebih memilih untuk memiliki kendali penuh atas perjalanan Anda, menyewa mobil pribadi adalah pilihan yang tepat. Anda dapat menyewa mobil di Kediri dan mengendarainya sendiri menuju Malang. Pastikan untuk memiliki SIM yang valid dan berpengalaman dalam mengemudi di jalan raya. Perusahaan penyewaan mobil seperti Avis, Rentcar, dan Traveloka menyediakan layanan sewa mobil dengan harga yang terjangkau.

Sebelum berangkat, pastikan untuk memeriksa kondisi mobil dan mengisi bahan bakar yang cukup. Juga, perhatikan lalu lintas dan patuhi peraturan lalu lintas selama perjalanan. Dengan menyewa mobil pribadi, Anda akan memiliki fleksibilitas dan kebebasan untuk menjelajahi berbagai tempat di Kediri dan Malang sesuai keinginan Anda.

Wisata Alam di Kediri: Pesona Alam yang Menakjubkan

Kediri memiliki banyak tempat wisata alam yang menakjubkan. Di sini, Anda dapat menikmati keindahan alam yang memukau dan menyegarkan jiwa. Berikut adalah beberapa destinasi wisata alam populer di Kediri yang wajib Anda kunjungi.

Gunung Kelud

Gunung Kelud adalah salah satu gunung berapi yang terkenal di Jawa Timur. Gunung ini menawarkan pemandangan yang luar biasa, serta trekking yang menantang bagi para pendaki. Anda dapat naik ke puncak gunung untuk menikmati pemandangan matahari terbit atau melihat kawah yang indah. Pastikan untuk mempersiapkan perlengkapan yang sesuai dan mengikuti petunjuk keamanan selama pendakian.

Air Terjun Selomangleng

Air Terjun Selomangleng terletak di Desa Selorejo, Kediri. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan dikelilingi oleh hutan yang hijau. Anda dapat menikmati keindahan air terjun sambil mendengarkan suara gemericik air yang menenangkan. Jika Anda suka petualangan, Anda juga dapat berenang di kolam yang terbentuk di bawah air terjun. Jangan lupa untuk membawa pakaian ganti dan perlengkapan renang.

Taman Wisata Alam Leksono

Taman Wisata Alam Leksono merupakan tempat wisata alam yang cocok untuk keluarga. Di sini, Anda dapat menikmati berbagai fasilitas seperti kolam renang, permainan air, area bermain anak, dan area piknik. Taman ini dikelilingi oleh pepohonan hijau yang memberikan udara segar dan nyaman. Anda juga dapat menikmati keindahan alam sekitar sambil berjalan-jalan di taman.

Wisata Budaya di Kediri: Menelusuri Sejarah dan Kearifan Lokal

Kediri tidak hanya menawarkan pesona alam yang indah, tetapi juga memiliki warisan budaya yang kaya. Di sini, Anda dapat menelusuri sejarah dan kearifan lokal yang masih terjaga hingga saat ini. Berikut adalah beberapa tempat wisata budaya yang menarik untuk dikunjungi di Kediri.

Candi Penataran

Candi Penataran adalah salah satu candi Hindu terbesar di Indonesia yang terletak di Desa Penataran, Kecamatan Nglegok, Kediri. Candi ini memiliki arsitektur yang megah dan mengesankan. Anda dapat menjelajahi kompleks candi yang terdiri dari beberapa bangunan dengan relief-relief yang indah. Candi Penataran juga menjadi tempat ritual dan persembahan bagi umat Hindu hingga saat ini.

Museum Kediri

Museum Kediri adalah tempat yang tepat untuk mengetahui lebih lanjut tentang sejarah dan budaya Kediri. Di museum ini, Anda dapat melihat berbagai artefak bersejarah seperti prasasti, arca, dan benda-benda peninggalan dari zaman kerajaan Kediri. Museum ini juga memiliki koleksi seni rupa dan kerajinan tangan yang menarik. Jelajahi setiap sudut museum dan dengarkan penjelasan dari pemandu untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang sejarah Kediri.

Festival Bambu Runcing

Festival Bambu Runcing adalah acara budaya tahunan yang diadakan di Kediri. Festival ini merupakan ajang untuk mempromosikan kearifan lokal dalam seni dan budaya. Anda dapat menyaksikan pertunjukan seni tradisional, seperti tarian dan musik gamelan, serta berbagai pameran kerajinan tangan dari bambu. Jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba membuat dan meluncurkan bambu runcing sendiri dalam acara ini.

Kuliner Khas Kediri: Makanan Lezat yang Menggoyang Lidah

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Kediri tanpa mencicipi kuliner khasnya. Kediri memiliki berbagai makanan lezat yang dapat memanjakan lidah Anda. Berikut adalah beberapa makanan khas Kediri yang wajib Anda coba saat berkunjung.

Nasi Pecel

Nasi Pecel adalah makanan khas Kediri yang terdiri dari nasi yang disajikan dengan sayuran rebus seperti kangkung, kacang panjang, dan tauge. Semua bahan disiram dengan saus kacang yang khas dan ditambahkan dengan rempeyek atau kerupuk sebagai pelengkap. Rasanya yang gurih dan sedikit pedas membuatmakanan ini menjadi hidangan yang sangat lezat dan menggugah selera. Anda dapat menemukan Nasi Pecel di warung-warung makan atau restoran di Kediri. Jangan lupa untuk mencicipi kelezatan Nasi Pecel saat Anda berkunjung ke Kediri.

Sate Kelinci

Jika Anda mencari makanan yang unik dan berbeda, Sate Kelinci adalah pilihan yang sempurna. Sate Kelinci adalah makanan khas Kediri yang terbuat dari daging kelinci yang dipanggang dengan bumbu khas. Daging kelinci memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang lezat. Sate Kelinci biasanya disajikan dengan bumbu kacang dan lontong sebagai pelengkap. Anda dapat menemukan Sate Kelinci di beberapa warung makan atau restoran di Kediri. Jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba kelezatan Sate Kelinci saat Anda berkunjung ke Kediri.

Bakso Ayam

Bakso Ayam adalah makanan yang populer di seluruh Indonesia, termasuk Kediri. Bakso Ayam adalah bola-bola daging ayam yang kenyal dan lezat, disajikan dalam kuah kaldu yang gurih. Biasanya, Bakso Ayam juga dilengkapi dengan mie, tahu, pangsit, dan sayuran sebagai pelengkap. Anda dapat menemukan Bakso Ayam di berbagai warung makan atau penjual kaki lima di Kediri. Rasakan kenikmatan Bakso Ayam yang lezat dan hangat saat Anda berkunjung ke Kediri.

Wisata Alam di Malang: Keindahan Alam yang Menawan

Malang terkenal dengan keindahan alamnya yang menawan. Di sini, Anda dapat menikmati pemandangan alam yang spektakuler dan kegiatan outdoor yang seru. Berikut adalah beberapa destinasi wisata alam populer di Malang yang wajib Anda kunjungi.

Gunung Bromo

Gunung Bromo adalah salah satu destinasi wisata terkenal di Indonesia. Gunung ini menawarkan pemandangan yang memukau dengan kawah yang aktif dan pesona alam yang memanjakan mata. Anda dapat naik jeep menuju puncak Gunung Penanjakan untuk menyaksikan matahari terbit yang spektakuler dengan latar belakang Gunung Bromo. Jangan lupa untuk membawa jaket hangat dan kamera untuk mengabadikan momen indah ini.

Coban Rais

Coban Rais adalah air terjun yang terletak di kawasan Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Malang. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 70 meter dan dikelilingi oleh alam yang hijau dan segar. Coban Rais merupakan tempat yang cocok untuk bersantai dan menikmati keindahan alam. Anda dapat berenang di kolam yang terbentuk di bawah air terjun atau berjalan-jalan di sekitar area wisata yang indah ini.

Pantai Balekambang

Pantai Balekambang adalah pantai yang terkenal di Malang dengan pemandangan yang memukau. Pantai ini memiliki pasir putih yang luas, ombak yang tenang, dan batu-batu raksasa yang menjulang di tengah laut. Anda dapat menikmati keindahan pantai sambil berjalan-jalan di sepanjang pantai atau bermain air di laut yang tenang. Jangan lewatkan kesempatan untuk berfoto di dekat batu-batu raksasa yang menjadi daya tarik utama Pantai Balekambang.

Wisata Sejarah di Malang: Menelusuri Jejak Sejarah yang Kaya

Malang juga memiliki banyak situs sejarah yang menarik untuk dikunjungi. Di sini, Anda dapat menelusuri jejak sejarah yang kaya dan mempelajari tentang budaya dan tradisi yang masih terjaga hingga saat ini. Berikut adalah beberapa tempat wisata sejarah yang menarik di Malang.

Candi Singosari

Candi Singosari adalah candi Hindu yang terletak di Desa Candirenggo, Kecamatan Singosari, Malang. Candi ini merupakan peninggalan dari Kerajaan Singosari pada abad ke-13. Candi Singosari memiliki arsitektur yang indah dan banyak patung dan relief yang menggambarkan kehidupan pada masa itu. Anda dapat menjelajahi kompleks candi dan mempelajari tentang sejarah dan budaya Kerajaan Singosari.

Kota Tua Malang

Kota Tua Malang adalah kawasan yang terletak di pusat kota Malang. Di sini, Anda dapat melihat bangunan-bangunan tua dengan arsitektur kolonial Belanda yang masih terjaga dengan baik. Kota Tua Malang memiliki suasana yang klasik dan romantis, dengan jalan-jalan yang dipenuhi dengan warung kopi dan toko-toko antik. Jelajahi setiap sudut Kota Tua Malang dan rasakan pesonanya yang khas.

Museum Brawijaya

Museum Brawijaya adalah museum militer yang terletak di Malang. Museum ini menyimpan berbagai koleksi artefak dan benda-benda bersejarah yang terkait dengan perjuangan dan sejarah militer Indonesia. Anda dapat melihat berbagai senjata, peralatan militer, dan dokumentasi sejarah yang menarik di museum ini. Jelajahi setiap ruangan museum dan dengarkan penjelasan dari pemandu untuk memahami lebih dalam tentang perjuangan bangsa.

Kuliner Khas Malang: Nikmati Kelezatan Kuliner Lokal

Ketika berkunjung ke Malang, jangan lupa untuk mencicipi kuliner khasnya yang lezat. Malang memiliki berbagai makanan tradisional yang dapat memanjakan lidah Anda. Berikut adalah beberapa makanan khas Malang yang wajib Anda coba saat berkunjung.

Bakso Bakar

Bakso Bakar adalah varian unik dari bakso yang populer di Malang. Bakso Bakar adalah bakso yang dipanggang atau dibakar sehingga memiliki rasa yang berbeda dan tekstur yang lebih kenyal. Bakso Bakar biasanya disajikan dengan saus kacang pedas dan ditambahkan dengan mie, tahu, pangsit, dan sayuran sebagai pelengkap. Anda dapat menemukan Bakso Bakar di warung makan atau penjual kaki lima di Malang. Rasakan kelezatan Bakso Bakar yang unik dan menggugah selera saat Anda berkunjung ke Malang.

Rujak Cingur

Rujak Cingur adalah hidangan tradisional Jawa Timur yang terkenal di Malang. Hidangan ini terdiri dari campuran sayuran seperti mentimun, tauge, dan kacang panjang yang disiram dengan saus rujak yang khas. Yang membedakan Rujak Cingur adalah penambahan cingur, yaitu hidangan yang terbuat dari irisan mulut sapi yang dimasak dan disajikan dengan bumbu khas. Rujak Cingur memiliki rasa yang unik dan segar. Anda dapat menemukan Rujak Cingur di warung makan atau pasar tradisional di Malang. Jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi kelezatan Rujak Cingur saat Anda berkunjung ke Malang.

Pisang Ijo

Pisang Ijo adalah makanan penutup tradisional dari Malang yang terbuat dari pisang yang dibalut dengan adonan tepung dan dibungkus dengan daun pandan. Kemudian, pisang tersebut digoreng hingga matang dan disajikan dengan siraman saus santan dan gula merah cair. Pisang Ijo memiliki rasa yang manis dan tekstur yang lembut. Anda dapat menemukan Pisang Ijo di warung makan atau penjual kaki lima di Malang. Nikmati kelezatan Pisang Ijo sebagai penutup yang sempurna setelah menikmati kuliner khas Malang lainnya.

Penginapan di Kediri dan Malang: Pilihan Akomodasi yang Nyaman

Setelah seharian berkelilingi dan menikmati berbagai tempat wisata di Kediri dan Malang, Anda pasti membutuhkan tempat untuk beristirahat. Kediri dan Malang menyediakan berbagai pilihan akomodasi yang nyaman untuk para wisatawan. Berikut adalah beberapa pilihan penginapan yang dapat Anda pertimbangkan.

Hotel Bintang 5

Bagi Anda yang menginginkan pengalaman menginap yang mewah dan berkualitas, Kediri dan Malang memiliki beberapa hotel bintang 5 yang dapat Anda pilih. Hotel bintang 5 biasanya menyediakan fasilitas lengkap seperti kolam renang, restoran, spa, dan pusat kebugaran. Beberapa hotel bintang 5 yang terkenal di Kediri dan Malang adalah Hotel Tugu Malang, Hotel Majapahit Kediri, dan Hotel Singhasari Resort Malang. Nikmati keramahan dan kenyamanan selama menginap di hotel bintang 5 ini.

Resort dan Villa

Jika Anda mencari penginapan yang lebih private dan eksklusif, resort dan villa dapat menjadi pilihan yang tepat. Di Kediri dan Malang, terdapat banyak resort dan villa yang menawarkan suasana yang tenang dan pemandangan yang indah. Anda dapat memilih resort atau villa yang terletak di tengah alam atau dekat dengan pantai. Beberapa resort dan villa populer di Kediri dan Malang adalah Kalibaru Cottage, Klub Bunga Butik Resort, dan Villa Danendra. Nikmati privasi dan kenyamanan selama menginap di resort atau villa ini.

Guest House dan Penginapan Budget

Jika Anda mencari penginapan yang lebih terjangkau, Kediri dan Malang juga memiliki banyak pilihan guest house dan penginapan budget. Guest house biasanya menyediakan kamar-kamar yang sederhana namun nyaman, dengan fasilitas umum seperti dapur bersama dan ruang tamu. Penginapan budget juga merupakan pilihan yang baik bagi para backpacker atau wisatawan dengan anggaran terbatas. Beberapa guest house dan penginapan budget yang dapat Anda pertimbangkan di Kediri dan Malang adalah OYO 1670 Guest House Kediri, OYO 1132 Hotel Padjajaran Malang, dan Kost-Kostan Malang. Nikmati akomodasi yang nyaman dengan harga yang terjangkau di guest house atau penginapan budget ini.

Tips dan Trik untuk Liburan yang Sukses

Sebelum Anda berangkat ke Kediri dan Malang, ada beberapa tips dan trik yang dapat membantu menjadikan liburan Anda lebih sukses. Berikut adalah beberapa tips dan trik yang perlu Anda ketahui sebelum berlibur.

Cek Cuaca dan Musim

Sebelum berangkat, pastikan untuk memeriksa perkiraan cuaca di Kediri dan Malang. Cuaca dapat berpengaruh pada aktivitas dan pakaian yang Anda bawa. Selain itu, perhatikan juga musim wisata di kedua kota ini. Musim wisata dapat mempengaruhi tingkat keramaian dan harga penginapan di tempat-tempat wisata. Jika Anda ingin menghindari keramaian, pertimbangkan untuk berkunjung di luar musim wisata.

Packing yang Tepat

Pastikan untuk mempersiapkan packing yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan aktivitas Anda selama liburan. Bawalah pakaian yang nyaman dan sesuai dengan cuaca, serta perlengkapan seperti sepatu yang nyaman, perlengkapan mandi, dan perlengkapan kamera. Jangan lupa untuk membawa juga obat-obatan pribadi dan perlengkapan yang diperlukan seperti peta, power bank, dan charger.

Menyusun Rencana Perjalanan

Sebelum berangkat, buatlah rencana perjalanan yang terperinci. Tentukan tempat-tempat yang ingin Anda kunjungi, waktu yang akan dihabiskan di setiap tempat, dan aktivitas yang ingin dilakukan. Rencana perjalanan dapat membantu Anda mengoptimalkan waktu dan menghindari kebingungan selama liburan. Jangan lupa untuk mencatat juga alamat dan nomor kontak tempat-tempat yang akan Anda kunjungi.

Menjaga Keamanan dan Kesehatan

Selama liburan, pastikan untuk menjaga keamanan dan kesehatan Anda. Patuhi peraturan dan aturan yang berlaku di tempat-tempat wisata. Jaga barang-barang berharga Anda dengan baik dan hindari tempat-tempat yang tidak aman. Selain itu, pastikan juga untuk menjaga kesehatan Anda dengan mengonsumsi makanan yang bersih dan sehat, minum air yang aman, dan menggunakan perlindungan terhadap sinar matahari dan serangga.

Menjelajahi dan Menikmati Setiap Momen

Yang terpenting, saat berlibur di Kediri dan Malang, jangan lupa untuk menjelajahi dan menikmati setiap momen. Rasakan keindahan alam, nikmati kuliner khas, dan pelajari budaya setempat. Jangan terburu-buru dan beri diri Anda waktu untuk santai dan menikmati keindahan sekitar. Abadikan momen-momen indah dalam foto atau catatan perjalanan Anda. Liburan adalah waktu untuk bersenang-senang dan menciptakan kenangan yang tak terlupakan.

Dalam kesimpulannya, Kediri dan Malang adalah destinasi wisata yang menarik dan menawarkan pengalaman liburan yang tak terlupakan. Dengan panduan lengkap ini, Anda akan dapat menikmati liburan yang seru dan mendebarkan di kedua kota ini. Selamat berlibur!

Related video of Travel Kediri Malang: Panduan Lengkap untuk Liburan Seru

Leave a Comment