Perjalanan Seru dari Pacitan ke Jogja: Panduan Lengkap

Sudahkah kamu merencanakan perjalanan seru dari Pacitan ke Jogja? Jika iya, artikel ini bisa menjadi panduan lengkap untukmu. Pacitan dan Jogja adalah dua destinasi wisata populer di Jawa Tengah yang menawarkan keindahan alam yang luar biasa dan kekayaan budaya yang tak terhingga. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi rute terbaik, tempat wisata imperdible, serta tips dan trik untuk membuat perjalananmu semakin menyenangkan.

Sebelum memulai perjalananmu, pastikan kamu sudah merencanakan dengan matang. Pertama, tentukan waktu yang tepat untuk pergi. Musim liburan adalah saat paling sibuk, jadi pastikan untuk menghindarinya jika kamu ingin menghindari keramaian. Selain itu, cari tahu tentang cuaca terkini di kedua destinasi. Ini akan membantumu mempersiapkan pakaian yang tepat dan menghindari cuaca buruk yang mungkin mengganggu perjalananmu.

Rute Perjalanan dari Pacitan ke Jogja

Rute perjalanan dari Pacitan ke Jogja dapat ditempuh melalui jalur darat. Kamu dapat mengambil jalan provinsi Pacitan-Solo yang memiliki pemandangan alam yang indah. Jika kamu ingin perjalanan yang lebih cepat, kamu juga dapat menggunakan jalan tol Solo-Ngawi yang menghubungkan kedua kota tersebut.

Summary: Pelajari rute perjalanan darat dari Pacitan ke Jogja melalui jalur Pacitan-Solo atau jalan tol Solo-Ngawi.

Menjelajahi Jalur Pacitan-Solo

Jalur Pacitan-Solo adalah rute darat yang paling populer untuk perjalanan dari Pacitan ke Jogja. Rute ini menawarkan pemandangan alam yang indah sepanjang perjalanan. Kamu akan melewati pegunungan, perkebunan, dan hamparan sawah yang hijau. Pastikan untuk mengatur waktu perjalananmu dengan baik, karena jalur ini bisa cukup ramai terutama saat musim liburan.

Untuk mencapai Solo dari Pacitan, kamu dapat mengikuti jalan provinsi yang melintasi beberapa kota kecil seperti Ponorogo dan Madiun. Pastikan untuk mengisi bahan bakar kendaraanmu sebelum memulai perjalanan, karena tidak banyak pompa bensin di sepanjang jalan ini.

Summary: Nikmati keindahan alam sepanjang rute Pacitan-Solo yang melintasi pegunungan, perkebunan, dan sawah hijau.

Alternatif: Menggunakan Jalan Tol Solo-Ngawi

Jika kamu ingin perjalanan yang lebih cepat dan lancar, kamu dapat memilih menggunakan jalan tol Solo-Ngawi. Rute ini menghubungkan Solo dengan Ngawi, dan dapat mempersingkat waktu perjalananmu. Namun, perlu diingat bahwa kamu harus membayar tol untuk menggunakan jalan ini.

Jalan tol Solo-Ngawi juga memberikan kemudahan akses ke Jogja setelah melewati Ngawi. Kamu dapat melanjutkan perjalananmu melalui jalan provinsi ke arah barat menuju Jogja. Pastikan untuk membawa uang tunai yang cukup untuk membayar tol dan mempertimbangkan waktu perjalananmu agar tidak terjebak macet saat masuk ke Jogja.

Summary: Pilih jalan tol Solo-Ngawi untuk perjalanan yang lebih cepat dan lancar, dengan mempertimbangkan biaya tol dan kemacetan saat masuk ke Jogja.

Objek Wisata di Pacitan

Pacitan terkenal dengan pantainya yang indah dan ombaknya yang cocok untuk berselancar. Beberapa pantai yang wajib kamu kunjungi di Pacitan adalah Pantai Klayar, Pantai Srau, dan Pantai Banyu Tibo. Pantai Klayar terkenal dengan formasi batu karang yang unik dan airnya yang jernih. Di Pantai Srau, kamu bisa menikmati pemandangan tebing tinggi yang menjulang di sepanjang pantai. Sedangkan Pantai Banyu Tibo menawarkan suasana yang lebih sepi dan eksotis.

Setelah puas menikmati pantai, jangan lewatkan untuk menjelajahi Goa Gong yang terkenal di Pacitan. Goa ini terkenal dengan formasi stalaktit dan stalakmitnya yang indah. Kamu bisa menjelajahi goa ini dengan bantuan pemandu lokal yang akan menjelaskan lebih detail tentang keindahan alam di dalam goa.

Summary: Temukan keindahan Pantai Klayar, Pantai Srau, Pantai Banyu Tibo, dan Goa Gong di Pacitan.

Pantai Klayar: Keindahan Batu Karang dan Ombak

Pantai Klayar adalah salah satu pantai terindah di Pacitan. Pantai ini terkenal dengan formasi batu karang yang unik dan indah. Batu karang di pantai ini memiliki bentuk seperti bunga yang menjulang tinggi di tengah laut. Selain itu, Pantai Klayar juga terkenal dengan ombaknya yang cocok untuk berselancar.

Ketika berada di Pantai Klayar, jangan lewatkan untuk berenang atau berjemur di pasir putihnya yang lembut. Kamu juga bisa menjelajahi batu karang dan menikmati pemandangan pantai dari atas bukit. Jika kamu beruntung, kamu bisa melihat matahari terbenam yang spektakuler di Pantai Klayar.

Summary: Nikmati keindahan batu karang dan ombak di Pantai Klayar serta berenang di pasir putihnya yang lembut.

Pantai Srau: Pemandangan Tebing Tinggi yang Menakjubkan

Pantai Srau adalah pantai lain yang wajib dikunjungi di Pacitan. Pantai ini terkenal dengan pemandangan tebing tinggi yang menjulang di sepanjang pantai. Saat air surut, kamu bisa berjalan di bawah tebing dan menikmati suasana yang sepi dan eksotis.

Pantai Srau juga menawarkan ombak yang cukup besar, sehingga cocok untuk berselancar bagi para penggemar olahraga air. Jika kamu tidak tertarik berselancar, kamu bisa duduk di pantai sambil menikmati pemandangan alam yang indah. Jangan lupa untuk membawa bekal makanan dan minuman, karena tidak ada warung di sekitar pantai ini.

Summary: Nikmati pemandangan tebing tinggi yang menakjubkan dan ombak yang cocok untuk berselancar di Pantai Srau.

Pantai Banyu Tibo: Keindahan yang Tersembunyi

Pantai Banyu Tibo adalah pantai yang relatif sepi dan tersembunyi di Pacitan. Pantai ini belum begitu terkenal, sehingga kamu bisa menikmati keindahan alam yang masih alami dan tenang di sini. Pantai Banyu Tibo terkenal dengan pasir putihnya yang lembut dan airnya yang jernih.

Kamu bisa berenang atau berjemur di pantai ini tanpa terganggu keramaian. Jika ingin menjelajahi lebih jauh, kamu bisa berjalan ke arah selatan pantai dan menemukan air terjun kecil yang cantik. Pantai Banyu Tibo adalah tempat yang sempurna untuk bersantai dan menikmati keindahan alam yang masih alami.

Summary: Temukan keindahan tersembunyi di Pantai Banyu Tibo dengan pasir putihnya yang lembut dan airnya yang jernih.

Goa Gong: Keajaiban Stalaktit dan Stalakmit

Goa Gong adalah salah satu goa terindah di Indonesia dan terletak di Pacitan. Goa ini terkenal dengan formasi stalaktit dan stalakmitnya yang indah. Ketika masuk ke dalam goa, kamu akan melihat berbagai bentuk stalaktit dan stalakmit yang terbentuk selama ribuan tahun.

Goa Gong memiliki jalan setapak yang aman dan teratur, sehingga kamu bisa menjelajahi goa dengan nyaman. Selama perjalananmu di dalam goa, kamu akan melihat berbagai formasi batu yang menakjubkan, seperti “organ” batu yang menghasilkan suara saat dipukul dengan tangan. Ada juga formasi batu yang menyerupai benda-benda tertentu, seperti kura-kura atau manusia.

Untuk menjelajahi Goa Gong, kamu disarankan untuk menggunakan pemandu lokal yang akan memberimu penjelasan mendalam tentang goa ini. Mereka akan menjelaskan tentang proses pembentukan stalaktit dan stalakmit, serta cerita dan mitos yang terkait dengan goa ini. Jangan lupa untuk membawa jaket atau pakaian hangat, karena suhu di dalam goa bisa cukup dingin.

Summary: Jelajahi keajaiban stalaktit dan stalakmit di Goa Gong, dengan bantuan pemandu lokal yang akan memberimu penjelasan mendalam tentang goa ini.

Tempat Wisata di Jogja

Jogja, atau Yogyakarta, terkenal dengan kekayaan budayanya. Kamu bisa mengunjungi Keraton Yogyakarta, Taman Sari, dan Malioboro untuk merasakan atmosfer budaya yang khas. Jangan lupa juga untuk mengunjungi Candi Borobudur, Candi Prambanan, dan Hutan Pinus Mangunan yang menawarkan keindahan alam yang memukau.

Kota ini juga terkenal dengan seni dan kerajinan tangan. Kamu bisa mengunjungi Kampung Batik untuk melihat proses pembuatan batik tradisional, atau berkunjung ke Pusat Kerajinan Perak untuk melihat pengrajin perak yang mahir. Jogja juga dikenal dengan kuliner khasnya, seperti Gudeg, Bakpia, dan Angkringan yang wajib kamu coba saat berkunjung ke sini.

Summary: Nikmati kekayaan budaya Jogja dengan mengunjungi Keraton Yogyakarta, Taman Sari, Malioboro, Candi Borobudur, Candi Prambanan, Hutan Pinus Mangunan, Kampung Batik, Pusat Kerajinan Perak, serta mencicipi kuliner khas seperti Gudeg, Bakpia, dan Angkringan.

Keraton Yogyakarta: Wisata Sejarah dan Kebudayaan

Keraton Yogyakarta adalah istana resmi Sultan Hamengkubuwono dan merupakan salah satu ikon budaya Jogja. Ketika mengunjungi Keraton, kamu akan merasakan atmosfer kerajaan yang khas. Kamu bisa menjelajahi bangunan-bangunan bersejarah, seperti bangunan utama, bangunan pendopo, dan bangunan perpustakaan.

Selain menjelajahi bangunan, kamu juga bisa menyaksikan pertunjukan seni tradisional seperti tari Jathilan atau wayang kulit. Jangan lupa untuk mengunjungi Museum Keraton yang menampilkan koleksi bersejarah dari kerajaan Yogyakarta. Kamu juga bisa menyaksikan upacara tradisional yang diadakan di Keraton pada hari-hari tertentu.

Summary: Jelajahi wisata sejarah dan kebudayaan di Keraton Yogyakarta, dengan mengunjungi bangunan-bangunan bersejarah, menyaksikan pertunjukan seni tradisional, dan mengunjungi Museum Keraton.

Taman Sari: Keindahan Arsitektur dan Air Mancur

Taman Sari adalah kompleks keraton yang dulunya merupakan tempat rekreasi dan relaksasi bagi keluarga kerajaan. Kompleks ini memiliki keindahan arsitektur yang unik, dengan kolam-kolam air dan bangunan-bangunan indah. Salah satu daya tarik utama Taman Sari adalah Sumur Gumuling, yang dulu digunakan sebagai tempat mandi para putri kerajaan.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati keindahan air mancur di Taman Sari. Air mancur ini dulu digunakan sebagai hiburan bagi keluarga kerajaan. Kamu bisa duduk di sekitar kolam, menikmati suasana yang tenang, dan menikmati keindahan arsitektur yang masih terjaga hingga saat ini.

Summary: Nikmati keindahan arsitektur dan air mancur di Taman Sari, serta jangan lewatkan Sumur Gumuling yang memiliki nilai sejarah.

Malioboro: Jantung Wisata Belanja dan Kuliner

Malioboro adalah jantung wisata belanja dan kuliner di Jogja. Jalan Malioboro adalah jalan utama yang penuh dengan toko-toko, restoran, dan pedagang kaki lima. Kamu bisa berbelanja oleh-oleh khas Jogja, seperti batik, kerajinan tangan, atau makanan khas.

Jangan lewatkan pula untuk mencicipi kuliner khas Jogja di Malioboro. Kamu bisa mencoba Gudeg, makanan khas Jogja yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah. Selain itu, jajanan seperti Bakpia dan Angkringan juga wajib kamu coba saat berada di Malioboro.

Summary: Jelajahi pusat wisata belanja dan kuliner di Malioboro, dengan berbelanja oleh-oleh khas Jogja dan mencicipi kuliner khas seperti Gudeg, Bakpia, dan Angkringan.

Candi Borobudur: Keajaiban Arsitektur Budha

Candi Borobudur adalah candi Buddha terbesar di dunia dan merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO. Candi ini dibangun pada abad ke-8 dan memiliki arsitektur yang sangat indah. Candi Borobudur terdiri dari tiga tingkatan yang menggambarkan alam semesta dalam kepercayaan Buddha.

Kamu bisa menjelajahi setiap tingkatan candi dan mengagumi relief-relief yang mengisahkan kehidupan Buddha. Jangan lewatkan pula untuk naik ke atas candi dan menikmati pemandangan yang spektakuler dari atas. Pada hari-hari tertentu, terutama saat perayaan Waisak, Candi Borobudur juga menjadi tempat upacara keagamaan yang dihadiri oleh ribuan orang.

Summary: Nikmati keajaiban arsitektur Budha di Candi Borobudur dan hargai keindahan relief-relief yang mengisahkan kehidupan Buddha.

Candi Prambanan: Kekuatan Arsitektur Hindu

Candi Prambanan adalah kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia dan juga merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO. Candi ini dibangun pada abad ke-9 dan memiliki arsitektur yang megah. Candi Prambanan terdiri dari beberapa candi utama, termasuk Candi Rara Jonggrang yang paling terkenal.

Kamu bisa menjelajahi kompleks candi ini dan mengagumi keindahan arsitektur Hindu yang dipadukan dengan unsur budaya Jawa. Jangan lewatkan pula pertunjukan Ramayana Ballet yang diselenggarakan di kompleks candi pada malam hari. Pertunjukan ini menggambarkan kisah epik Ramayana dengan latar belakang candi yang megah.

Summary: Kunjungi kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia, Candi Prambanan, dan nikmati pertunjukan Ramayana Ballet yang spektakuler.

Hutan Pinus Mangunan: Keindahan Alam yang Menyejukkan

Hutan Pinus Mangunan adalah tempat yang sempurna untuk melepas penat dan menikmati keindahan alam yang menyejukkan. Hutan pinus ini terletak di lereng Gunung Merapi dan menawarkan pemandangan yang spektakuler. Saat masuk ke hutan, kamu akan disambut oleh pepohonan pinus yang tinggi dan udara yang segar.

Kamu bisa berjalan-jalan di hutan, berpose di bawah pohon pinus, atau duduk di bawah naungan pohon sambil menikmati pemandangan yang indah. Jangan lewatkan pulauntuk mencoba flying fox atau berkemah di area hutan ini. Pada pagi hari, kamu juga bisa menyaksikan matahari terbit yang mempesona di Hutan Pinus Mangunan.

Hutan Pinus Mangunan juga memiliki spot-spot foto yang instagramable, seperti ayunan gantung, jembatan bambu, dan pohon pinus yang membentuk lorong. Jangan lupa untuk membawa kamera atau smartphonemu untuk mengabadikan momen-momen indah di hutan ini.

Summary: Nikmati keindahan alam yang menyejukkan di Hutan Pinus Mangunan dengan berjalan-jalan, mencoba flying fox, berkemah, dan menikmati spot-spot foto yang instagramable.

Wisata Kuliner di Pacitan dan Jogja

Pacitan dan Jogja juga memiliki kuliner yang lezat yang wajib kamu coba. Di Pacitan, jangan lewatkan untuk mencicipi Nasi Pecel dan Nasi Gandul yang terkenal enaknya. Nasi Pecel adalah nasi dengan sayuran rebus seperti kacang panjang, daun singkong, dan tauge yang disiram dengan bumbu kacang pedas. Sedangkan Nasi Gandul adalah nasi dengan daging sapi yang dimasak dengan bumbu khusus.

Di Jogja, jajanan khas seperti Gudeg adalah makanan yang harus kamu coba. Gudeg terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah, sehingga menghasilkan rasa yang gurih dan manis. Selain itu, Bakpia juga merupakan jajanan khas Jogja yang terbuat dari kulit kering dan berisi kacang hijau atau cokelat.

Summary: Jelajahi kuliner khas seperti Nasi Pecel, Nasi Gandul, Gudeg, Bakpia, dan Angkringan di Pacitan dan Jogja.

Tips Hemat untuk Perjalanan

Untuk membuat perjalananmu lebih hemat, pertimbangkan untuk menggunakan transportasi umum, seperti bus atau kereta api, daripada menyewa mobil. Transportasi umum biasanya lebih terjangkau dan dapat menghemat biaya bahan bakar dan parkir. Selain itu, kamu juga bisa merencanakan perjalananmu dengan menggunakan aplikasi transportasi online untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

Pilih penginapan yang sesuai dengan budgetmu. Jogja memiliki berbagai pilihan penginapan, mulai dari hotel berbintang hingga penginapan murah. Jika kamu ingin menghemat lebih banyak, kamu juga bisa mencari penginapan melalui platform online yang menawarkan diskon atau promo khusus.

Jangan lupa juga untuk membawa bekal makanan dan minuman selama perjalanan. Membeli makanan di restoran atau warung selama perjalanan bisa menjadi biaya yang cukup besar. Dengan membawa bekal sendiri, kamu dapat menghemat uang dan juga bisa memilih makanan yang sesuai dengan selera dan kebutuhanmu.

Summary: Temukan tips hemat untuk perjalananmu, seperti menggunakan transportasi umum, memilih penginapan dengan harga terjangkau, dan membawa bekal makanan dan minuman sendiri.

Aktivitas Outdoor di Pacitan dan Jogja

Jika kamu suka petualangan dan aktivitas outdoor, Pacitan dan Jogja memiliki banyak pilihan untukmu. Cobalah surfing di Pantai Klayar di Pacitan, yang terkenal dengan ombaknya yang cocok untuk berselancar. Kamu juga bisa mencoba paragliding di Gunung Kidul di Jogja, yang menawarkan pemandangan spektakuler dari udara.

Jika kamu suka menjelajahi gua-gua, Pacitan adalah tempat yang tepat. Cobalah menjelajahi Goa Gong yang terkenal dengan stalaktit dan stalakmitnya yang indah, atau kunjungi Goa Pindul di Jogja yang menawarkan pengalaman tubing yang seru.

Bagi pecinta hiking, Gunung Merapi di Jogja adalah pilihan yang tepat. Kamu bisa mendaki Gunung Merapi dan menikmati pemandangan yang memukau di puncaknya. Sedangkan untuk pengalaman rafting yang seru, kamu bisa mencoba rafting di Sungai Elo di Jogja.

Summary: Temukan aktivitas outdoor seru seperti surfing, paragliding, hiking, dan rafting di Pacitan dan Jogja.

Keindahan Alam di Pacitan dan Jogja

Pacitan dan Jogja memiliki keindahan alam yang memukau. Jelajahi Pantai Srau di Pacitan, yang dikelilingi oleh tebing dan memiliki air terjun yang indah yang jatuh langsung ke laut. Kunjungi juga Hutan Pinus Mangunan di Jogja, yang menawarkan pemandangan matahari terbenam yang spektakuler.

Taman Sari di Jogja juga menawarkan keindahan alam yang menyejukkan, dengan kolam-kolam air dan bangunan-bangunan indah di tengah taman. Selain itu, jangan lewatkan juga untuk mengunjungi Goa Pindul di Jogja, yang menawarkan pengalaman menyusuri sungai bawah tanah dengan menggunakan ban atau tubing.

Pantai Parangtritis di Jogja juga merupakan tempat yang menarik untuk dikunjungi. Pantai ini terkenal dengan pasir hitamnya yang kontras dengan ombak yang besar. Kamu bisa berjalan-jalan di pantai, menikmati pemandangan matahari terbenam, atau mencoba berbagai aktivitas pantai seperti berkuda atau naik delman.

Summary: Nikmati keindahan alam di Pantai Srau, Hutan Pinus Mangunan, Taman Sari, Goa Pindul, dan Pantai Parangtritis di Pacitan dan Jogja.

Budaya dan Sejarah di Pacitan dan Jogja

Kedua destinasi ini juga memiliki warisan budaya dan sejarah yang kaya. Jelajahi Keraton Yogyakarta di Jogja, yang merupakan istana resmi Sultan Hamengkubuwono dan masih merupakan tempat tinggal keluarga kerajaan. Kamu bisa menjelajahi bangunan-bangunan bersejarah di dalam kompleks keraton dan menyaksikan pertunjukan seni tradisional seperti tari Jathilan atau wayang kulit.

Jangan lewatkan juga untuk mengunjungi Candi Borobudur di Jogja, yang merupakan salah satu candi Buddha terbesar di dunia. Candi ini memiliki relief-relief yang mengisahkan kehidupan Buddha dan menjadi tempat perayaan Waisak setiap tahunnya. Selain itu, kunjungi juga Candi Prambanan di Jogja, yang merupakan kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia dan menjadi tempat pertunjukan Ramayana Ballet yang spektakuler.

Summary: Pelajari budaya dan sejarah di Keraton Yogyakarta, Candi Borobudur, Candi Prambanan, wayang kulit, dan tari Jathilan di Pacitan dan Jogja.

Belanja Oleh-Oleh Khas Pacitan dan Jogja

Semua perjalanan tak lengkap tanpa membeli oleh-oleh khas daerah yang dikunjungi. Di Pacitan, kamu bisa membeli batik Pacitan yang indah dan unik sebagai oleh-oleh. Batik Pacitan terkenal dengan motif yang khas, seperti motif batik celup atau motif batik tulis.

Di Jogja, kamu bisa membeli berbagai kerajinan tangan seperti keris, wayang kulit, atau batik Jogja. Keris adalah senjata tradisional Indonesia yang memiliki nilai budaya dan sejarah. Sedangkan wayang kulit adalah seni tradisional Jawa yang menggambarkan cerita-cerita epik dengan menggunakan boneka kulit. Jangan lewatkan pula untuk membeli batik Jogja, yang memiliki motif dan warna yang khas.

Summary: Cari oleh-oleh khas seperti batik Pacitan, keris, wayang kulit, dan batik Jogja di Pacitan dan Jogja.

Kebersihan dan Kesopanan selama Perjalanan

Selama perjalanan, tetaplah menjaga kebersihan dan kesopanan sebagai wisatawan yang bertanggung jawab. Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu cari tempat sampah yang tersedia. Jika tidakada tempat sampah, simpanlah sampahmu sementara dalam tas atau kantong plastik hingga kamu menemukan tempat sampah yang sesuai. Selain itu, hindari merusak atau mencoret-coret bangunan atau objek wisata yang kamu kunjungi.

Selalu menghormati adat dan budaya setempat. Saat mengunjungi tempat-tempat bersejarah atau religius, berpakaianlah dengan sopan dan hormat. Jika ada aturan atau tradisi yang harus diikuti, patuhi dengan baik. Jangan lupa untuk selalu menjaga sikap sopan dan menghormati penduduk setempat.

Selalu patuhi aturan dan petunjuk yang diberikan dalam setiap tempat wisata yang kamu kunjungi. Jika ada petunjuk atau larangan, patuhi dan jangan mencoba melanggarnya. Ini akan membantu menjaga keamanan dan kenyamananmu sendiri, serta menjaga kelestarian tempat wisata yang kamu kunjungi.

Summary: Penting untuk menjaga kebersihan dan kesopanan selama perjalanan, termasuk tidak membuang sampah sembarangan, menghormati adat dan budaya setempat, dan patuh terhadap aturan dan petunjuk di tempat wisata.

Sebelum kembali ke rumah setelah perjalanan yang luar biasa ini, pastikan kamu meninggalkan jejak positif di setiap tempat yang dikunjungi. Jadilah wisatawan yang bertanggung jawab dan selalu menghormati alam dan budaya setempat. Semoga artikel ini membantumu merencanakan perjalanan seru dari Pacitan ke Jogja. Selamat berlibur!

Related video of Perjalanan Seru dari Pacitan ke Jogja: Panduan Lengkap

Leave a Comment